NYOMAN SELAMET, S.Pd
SMKN 1 MANTANGAI
KEC. MANTANGAI KAB. KAPUAS
PROV. KALIMANTAN TENGAH
A. AWAL
Setelah melihat beberapa cara mengajar teman-teman guru yang ada disekolah yang masih menggunakan cara konvensional dan selalu menoton, maka saya mempunyai ide untuk mengunakan beberapa aplikasi dalam pembelajaran seperti Akses Portal Rumah Belajar, Canva dan quizizz. Dengan tujuan agar guru memiliki keterampilan IT dalam mengajar, memotivasi siswa agar lebih semangat dalam belajar dan memudahkan guru dalam menyimpan materi yang dibuat agar dapat digunakan pada kelas berikutnya.
B. TANTANGAN
Beberapa hal yang harus disiapkan dalam pengunaan aplikasi tersebut antara lain, semua siswa harus memiliki gawai (hp android) yang mampu mengakses aplikasi Portal Rumah Belajar, canva dan quizizz, sinyal yang cukup dalam mengakses app tersebut, aliran listrik yang selalu stabil atau normal saat pembelajaran dan siswa harus memiliki paket kuota minimal 1 GB dalam pembelajaran.
C. AKSI
Saya berpikir dan mencari solusi dalam permasalahan ini yaitu dengan berkoordinasi dengan semua pihak seperti Kepala Sekolah dan Wakasek Sarana Prasarana untuk meminjamkan gawai berupaTablet yaitu Tab 7 bagi siswa yang tidak memiliki gawai (Hp android), berkoordinasi dengan pihak Telkomsel agar diberikan kemudahan dalam akses internet yaitu siswa gabung dalam Cloud X dengan biaya internet murah dan kuota yang cukup banyak dalam akses pembelajaran, berkoordinasi dengan pihak PLN agar aliran listrik menjadi prioritas tetap stabil saat pembelajaran. Dengan demikian pembelajaran dengan aplikasi canva dan quizizz dalam dinikmati peserta didik dengan lancar dan selalu menyenangkan.
D. PERUBAHAN
Pembelajaran dengan mengunakan canva dan quizizz siswa merasa hal yang baru, asik dan menyenangkan karena menyajikan materi yang sangat menarik berupa animasi, video dan game dalam soal sehingga siswa merasa tidak bosan, terpacu dalam belajar, aktif dan seru. Saya sebagai guru juga sangat terbantu dengan aplikasi pembelajaran seperti Portal Rumah Belajar, canva dan quizizz dalam pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan dalam IT.