Pembelajaran Yang Berpihak Pada Murid

Pembelajaran yang Berpihak pada Murid merupakan pembelajaran yang dapat mengakomodir kebutuhan belajar murid. Aksi nyata yang telah saya lakukan dalam mengimplementasikan merdeka belajar adalah merancang pembelajaran sesuai dengan Kodrat alam dan kodrat zaman murid.

Melalui pembelajaran sesuai kodrat alam saya memanfaatkan taman yang ada di lingkungan sekolah sebagai tempat belajar yang nyaman buat mereka. Kesejukkan dan keindahan taman akan membawa mereka rileks dan seakan-akan mereka melakukan rekreasi sambil belajar. Murid diandaikan sebuah tumbuhan yang akan tumbuh dengan baik apabila mereka mendapatkan sentuhan yang baik dari seorang petani. Olehnya saya membawa mereka belajar di alam terbuka, agar mereka bersahabat dengan alam sekitar mereka sebagai wujud pembelajaran sesuai kodrat alam.

Selain itu, saya juga memanfaatkan gadjet/android sebagai media persentase hasil tugas kolaborasi murid pada teman-teman kelompok yang lain. Dengan gadjet/android mereka membuat video pembelajaran untuk mereka bagikan kepada teman yang lain untuk diberikan tanggapan. Hal itu, saya lakukan untuk mengimplementasikan pembelajaran sesuai kodrat zaman saat ini. Di mana menuntut murid untuk selalu update tentang perkembangan pembelajaran berbasis IT.

Setelah melakukan praktik mengajar atau aksi nyata pembelajaran di atas, saya lanjutkan dengan melakukan refleksi di setiap akhir pembelajaran. Berdasarkan refleksi tersebut saya dapat memahami kelebihan dan kelemahan dalam pembelaharan.

Refleksi saya lakukan sebagai bahan evaluasi saya untuk memenuhi kebutuhan belajar murid sesuai dengan kesiapan dan gaya belajar yang mereka sukai. Saya melakukan hal tersebut demi keselamatan dan kebahagiaan belajar murid-murid saya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top