Perkenalkan saya I Putu Eka Yasdika, S.Pd.,M.Pd Guru Produktif Tata Boga SMK Negeri 1 Manggis, Kab. Karangasem-Bali pengampu Mata Pelajaran Boga Dasar, berikut saya akan menceritakan praktik baik proses pembelajaran dengan format ATAP.
Awal
Berawal dari menghadapi situasi pandemi Covid-19 secara serentak sekolah-sekolah melaksanakan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Oleh karena itu, pendidik dituntut mendesain media pembelajaran sebagai inovasi dengan memanfaatkan media daring. Pembelajaran daring sangat membantu dunia pendidikan kita di saat pandemi. Akan tetapi, guru harus berinovasi agar pembelajaran dapat berjalan efektif, menyenangkan dan menantang. Guru harus berupaya untuk melayani murid dengan maksimal agar dapat belajar dan mampu melejitkan potensi murid secara optimal.
.
Tantangan
Berdasarkan pengamatan saya terhadap aktivitas murid tentunya pelaksanaan PJJ yang sudah lebih dari satu tahun banyak kendala yang ditemukan, salah satunya adalah sebagian besar murid mengalami kebosanan karena kegiatan belajar yang monoton, tidak interaktif, dan cenderung memberikan tugas mandiri melalui aplikasi WhatsApp. Oleh karena itu, guru hendaknya mengembangkan pembelajaran yang mengandung unsur permainan game edukasi.
Aksi
Upaya yang saya lakukan adalah membuat game edukasi menggunakan aplikasi wordwall. Wordwall adalah sebuah aplikasi permainan yang menarik pada browser, tanpa perlu install aplikasi. Aplikasi khusus yang bertujuan sebagai sumber belajar, media, dan alat penilaian yang menyenangkan bagi murid. Ada banyak model permainan yang bisa dikreasikan karena disediakan templatenya. Wordwall dapat digunakan untuk membuat media pembelajaran game edukasi seperti, kuis, menjodohkan, memasangkan, acak kata, pencarian kata, mengelompokkan, dan lain sebagainya. Salah satu yang menarik adalah maze chase yaitu permainan menghindari kejaran monster sambil membaca soal dan menuju ruangan sesuai dengan jawaban yang benar. Langkah-langkah yang harus disiapkan guru untuk membuat game edukasi ini sangatlah mudah antara lain : (1) Mendaftar ke https://wordwall.net/, (2) Memilih template Game, (3) mengetik soal soal dalam game (4) membagikan link Game melalui whatsapp Group murid, (5) dan mendownload papan skor.
Perubahan/Pelajaran
Adapun manfaat yang dirasakan murid setelah mengimplementasikan pembelajaran dengan game edukasi maze chase worldwall antara lain :
1. Murid lebih banyak yang ikut berpartisipasi dalam pembelajaran daring
2. Murid senang belajar sambil bermain
3. Murid akan berusaha meningkatkan kemampuan belajarnya agar memperoleh hasil peringkat pada papan leaderboard permainan
4. Murid merasa tertantang dengan permainan-permainan
5. Melatih keterampilan berbicara , mendengar, dan berpikir kritis
Melalui aplikasi wordwall ini guru dapat menempatkan posisi sebagai fasilitator yaitu memfasilitasi murid dengan permainan-permainan menyenangkan. Guru dapat membuat berbagai game melalui template-template yang telah disediakan dengan menyesuaikan dengan materi pembelajaran. Game edukasi yang dibuat dapat digunakan untuk semua mata pelajaran. Melalui game edukasi guru dapat menyampaikan materi dengan permainan sehingga peserta didik tidak akan bosan dalam pelaksanaan Pembelajaran jarak jauh.