Sebagai guru saya memiliki keinginan agar murid-murid saya bisa antusias dalam belajar. Tujuannya adalah agar pembelajaran di kelas menyenangkan. Murid harus lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran. Guru hanya bertugas sebagai fasilitator.
Namun terkadang beberapa murid saya lebih suka bermain HP di kelas saat pengajaran berlangsung. Saya lalu menegurnya saat itu juga. Saya berharap mereka tidak mengulanginya lagi, kecuali jika saya mengizinkan menggunkan HP untuk pembelajaran. Selain itu, saya juga memberikan pengurangan poin sesuai kesepatan kelas saat awal pembelajaran.
Saya mulai mencari cara, salah satunya memanfaatkan kesukaan murid, yaitu membuat pengajaran menggunakan HP. Kementerian Agama telah bekerja sama dengan Alef Education. Alef education ini berasal dari Uni Emirat Arab. Di dalam aplikasi tersebut terdapat pelajaran yang sesuai dengan kurikulum matematika di Indonesia.
Tak disangka murid menjadi lebih antusias dalam belajar ketika dipahami dari apa yang mereka sukai. Pada setiap materi terdiri dari tiga kegiatan, yaitu belajar, bermain, dan tes pengetahuan. Salain itu juga dilengkapi ujian untuk setiap babnya. Murid yang sering membuat keributan menjadi lebih aktif. Aplikasi ini dapat diakses kapanpun dan dimanapun murid berada. Sebagai guru saya berharap aplikasi Alef ini bisa menggeser games ataupun aplikasi lain yang digemari oleh murid sebelumnya. Terimakasih Kementerian Agama dan Alef Education telah memudahkan aktivitas guru dalam pembelajaran.