Membangun Budaya Positif Melalui Kesepakatan Kelas

Nama                          : Rahmat Septiandi, S.Pd.

Satuan Pendidikan    : SD Negeri Tenjolaya

Kota/Kabupaten        : Kabupaten Sukabumi

Judul Praktik Baik      : Penanaman Budaya Positif Melalui Kesepakatan Kelas

  1. Abstrak

Karakter merupakan hal pokok yang harus ditanamkan dalam kegiatan belajar mengajar di dalam kelas maupun di luar kelas, sehingga hasil yang diharapkan karakter akan tertanam secara utuh kedalam diri murid  dan dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Karakter dapat dibentuk dengan berbagai cara salah satunya adalah dengan cara melakukan budaya positif di lingkungan sekolah. Budaya positif ini bisa dilakukan dengan berbagai cara salah satunya adalah melalui kesepakatan kelas.

Kesepakatan kelas adalah sebuah cara untuk menanamkan nilai-nilai karakter seperti bertanggung jawab, berani memberikan pendapat, dan lain sebagainya, dengan demikian apabila hal ini diterapkan bukan hal yang tidak mungkin budaya positif dilingkungan sekolah akan terjalin dengan baik dan menjadi jati diri murid. Kesepakatan kelas juga dapat menanamkan nilai-nilai karakter seperti bernalar kritis, tanggung jawab, berani mengemukakan pendapat dan hal lainnya. Selain ini dengan kesepakatan kelas kedekatan pendidik dan murid juga akan terjalin dengan erat karena adanya komunikasi yang intens dalam proses membuat kesepakatan kelas. Hal ini adalah hal yang kecil tetapi sangat berdampak pada perubahan karakter Haloo..ide praktik baiknya menarik, trima kasih telah mengirimkan 

2. Latar belakang

Berbagai fenomena krisis karakter yang muncul di negeri ini melalui media semakin mengkhawatirkan. Kita memerlukan pengelolaan perubahan kearah yang lebih baik. Sekolah bisa adalah salah satu elemen yang penting untuk mengembangkan hal itu dengan cara menerapkan budaya positif yang berkesinambungan. Dalam prosesnya di sekolah seorang guru bisa menuntun murid untuk memberikan kesempatan yang seluas-luasnya mengembangkan potensi yang ada dalam diri murid. Dengan melaksanakan kegiatan aksi nyata yang digagas oleh kegiatan pelatihan guru penggerak diharapkan hal ini tidak hanya berdampak kepada murid yang diampu oleh calon guru penggerak saja tetapi diharapkan calon guru penggerak tersebut bisa memberikan pengimbasan kepada rekan sejawat sehingga perubahan yang ada di sekolah tersebut akan terasa sangat signifikan.

3. Tujuan

Menanamkan nilai-nilai karakter seperti

  • Berani mengemukakan pendapat
  • Bernalar kritis
  • Percaya diri
  • Berkolaborasi

4. Aksi Nyata

Aksi nyata yang saya lakukan adalah membuat kesepakatan kelas dengan murid melalui kegiatn yang berpihak pada murid dengan cara berdialog dengan kondisi yang nyaman. Selain membuat kesepakatan kelas, saya juga mencoba memberikan pengimbasan kepada rekan sejawat agar bisa menerapkan hal serupa di kelasnya masing-masing, dengan cara ini bukan hal yang mustahil budaya positif akan terus terlaksana dan menjadi kebiasaan yang nantinya membentuk karakter murid. Dengan melakukan hal ini diharapkan murid  akan terus terbiasa dengan budaya positif dengan tidak ada tekanan karena kesepakatan yang dibuat merupakatan kesepakatan Bersama, dengan murid sebagai subjek pembuatan kesepakatan, dengan cara bertukar pendapat sehingga timbul rasa kepercayaan diri yang tinggi dari murid.

5. Hasil yang Didapatkan

  • Murid bernalar kritis
  • Murid menjadi lebih percaya diri
  • Rekan sejawat tergerak untuk melakukan perubahan

6. Hal yang Dapat Dipetik dalam Pelaksanaan

  • Lebih dekat dengan murid
  • Guru lebih meningkatkan kapasitasnya agar bisa membuat perubahan di lingkungan sekitar.
  • Saling menghargai pendapat setiap murid.

7. Rencana Perbaikan

  • Saya harap kegiatan ini bisa dilaksanakan secara konsisten dan berkesinambungan
  • Kegiatan ini akan menjadi rutinitas yang dilakukan di lingkungan saya, semoga dengan terus melakukan perubahan akan berdampak baik bagi lingkungan sekitar.
  • Kesimpulan

              Dari kegiatan yang  saya laksanakan dapat disimpulkan bahwa budaya positif melalui kesepakatan kelas dapat menanamkan nilai nilai karakter baik bagi murid. Dengan membuat kesepakatan kelas maka komunikasi antar pendidik dan murid akan terjalin dengan baik, murid menjadi lebih percaya diri dan berani dalam mengemukakan pendapat. Setelah kegiatan ini selesai terlihat sangat jelas bahwa ada perubahan karakter pada murid.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top