Materi Aljabar Dengan Matematika Nalaria Realistik

Materi Aljabar dengan Matematika Nalaria Realistik

Awal. Matematika adalah mata pelajaran eksak yang diajarkan mulai tingkat dasar hingga tingkat menengah. Kecenderungan matematika yang mayoritas mempelajari angka-angka beserta rumus-rumus mengakibatkan murid seringkali jenuh, bosan, dan enggan untuk menyukai mata pelajaran matematika.

Setiap kali belajar matematika, murid selalu menunjukkan sikap keterpaksaan sehingga tidak ada kesan menyenangkan saat mempelajari matematika pada materi apapun. Murid menjadi lupa bahkan tidak peduli bahwa mempelajari matematika sejatinya merupakan hal yang sangat penting. Dengan mempelajari materi matematika akan dapat melatih penalaran murid dan daya analisis murid. Selain itu mempelajari matematika dapat menumbuhkan sikap berpikir kritis pada murid sehingga akan menjadikan murid mampu menghadapi berbagai tantangan ataupun persoalan-persoalan yang sulit.

Membuat murid sadar akan tujuan utama mempelajari matematika tidaklah gampang. Diperlukan peran dan partisipasi guru sebagai fasilitator dalam pembelajaran. Yang akhirnya dapat menjadikan murid tertarik dan bersemangat dalam mempelajari mata pelajaran matematika. Ketertarikan tersebut akan muncul dalam diri masing-masing murid sendiri.

Berdasarkan berbagai kasus yang saya hadapi di lapangan terkait permasalahan-permasalahan murid dalam mempelajari matematika ini, maka saya mengaplikasikan matematika nalaria realistik dalam pembelajaran. Untuk meningkatkan pemahaman, penalaran murid, dan membuat murid tertarik untuk belajar matematika.

Tujuan. Pembelajaran matematika nalaria realistik ini memiliki alur yang harus dilaksanakan yaitu masalah nyata, berisi tentang masalah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Di dalam buku ajar, masalah nyata disajikan dalam bentuk gambar beserta paragraf yang dapat mengaitkan pengetahuan murid tentang kejadian yang pernah atau sering diketahui dengan materi yang akan dipelajari.

Pemahaman Konsep dalam buku ajar ini disajikan dalam bentuk soal-soal uraian singkat yang dapat menanamkan pemahaman murid terkait materi yang sedang dipelajari. Sebagai contoh, murid dapat menunjukkan daerah penyelesaian dari sistem pertidaksamaan linear yang diminta dalam soal.

Penalaran dan Komunikasi, Berisi tentang soal cerita yang dapat melatih penalaran murid dan melatih kemampuan murid dalam mengkomunikasikan ide dan gagasannya. Soal yang disajikan masih dalam lingkup materi yang sedang diajarkan.

Pemecahan Masalah, berisi tentang soal-soal cerita yang lebih kompleks daripada soal pada bagian penalaran dan komunikasi. Soal pemecahan masalah ini merupakan gabungan berbagai konsep matematika yang sebelumnya sudah dipelajari. Soal-soal pada bagian ini dapat melatih keterampilan dalam memecahkan masalah dengan merekonstruksi materi yang sudah dipelajari sebelumnya.

Eksplorasi Matematika. Berisi soal matematika berlogika atau permainan matematika yang dapat melatih mental murid untuk berpikir kreatif dan pantang menyerah. Permainan matematika yang dimaksudkan contohnya: fillomino, ken-ken, fubuki, cross math, dan lain sebagainya.

Aksi. Proses pembelajaran diawali dengan guru memberikan apersepsi penerapan aljabar dalam kehidupan sehari-hari, menyebutkan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan menjelaskan langkah-langkah pembelajarannya. Kemudian guru mengajak murid untuk masuk ke masalah nyata tentang aljabar, kemudian guru menyajikan soal uraian singkat tentang aljabar sebagai upaya untuk menanamkan pemahaman konsep bagi murid. Dibagian penalaran dan komunikasi murid diberikan soal cerita untuk memperkuat daya nalar murid dan memahami maksud dari soal cerita tentang masalah aljabar yang disajikan.

Selanjutnya murid akan berada pada tahap pemecahan masalah, dalam tahap ini murid dihadapkan dengan soal cerita yang lebih kompleks sehingga memerlukan pemikiran yang lebih mendalam untuk menyelesaikan permasalahannya. Tahapan yang terakhir yakni soal eksplorasi yang akan melatih murid dalam berlogika dan berpikir kreatif serta pantang menyerah.

Contoh soal eksplorasi sebagai berikut:

Lambang-lambang pada kotak di bawah ini masing-masing memiliki nilai. Bilangan-bilangan yang terletak di bawah atau di samping kotak adalah adalah hasil penjumlahan dari lambang-lambang pada kolom dan baris. Tentukan nilai dari setiap lambang berikut.

Perubahan. Mempelajari aljabar dengan matematika nalaria realistik membuat murid menjadi lebih aktif dalam belajar dan semangat mengikuti proses pembelajaran. Hal ini terbukti dari kekompakan murid dalam menyelesaikan berbagai soal dalam setiap tahapan alur matematika nalaria realistik. Tidak ada murid yang mengantuk di kelas maupun mengobrol dengan temannya perihal materi diluar mata pelajaran. Semua fokus menyelesaikan masalah aljabar yang dihadapi.

Oleh:

Linda Pebriani

[email protected]

Guru MA Darul Falah Tulungagung


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top