Manfaat Lingkungan Sekitar

Pembelajaran pada siswa sekolah dasar umumnya dilaksanakan di dalam kelas. Karena siswa sekolah dasar cenderung membutuhkan konsentrasi lebih dalam kegiatan pembelajaran. namun tidak selamanya pembelajaran didalam kelas ini dapat berjalan dengan baik. Ada kalanya pembelajaran didalam kelas menemui masalah atau kendala yang berpengaruh terhadap pemahaman bahkan hasil pembelajaran siswa

contohnya yaitu :

Siswa kelas 1 cenderung terbawa dengan kebiasaan saat mereka berada di PAUD ataupun TK yaitu suka bermain, jahil dengan temannya, tidak mau memperhatikan. maka dari itu sebagian besar kegiatan pembelajaran dilaksanakan didalam kelas, agar dapat mengendalikan kondisi kelas.

Pada siswa kelas 1 (satu) terdapat materi tentang klasifikasi sampah. media pertama yang saya gunakan yaitu gambar berbagai macam sampah, yang terdiri dari sampah bungkus makanan, sampah sayuran, sampah daun dan sampah kertas. ternyata media semacam ini tidak dapat saya maksimalkan dengan baik. hal tersebut mendorong saya untuk mencoba sesuatu diluar kebiasaan saya belajar didalam kelas.

saya mencoba memanfaatkan lingkungan disekitar kelas. karena pada dasarnya seusia mereka masih senang bermain maka saya memberikan waktu 10 menit untuk beraksi mencari sampah disekitar kelas sebanyak banyaknya. Mereka sangat antusias, berlarian kesana kemari memungut sampah. Setelah waktu yang saya berikan sudah habis, anak anak saya minta untuk berkumpul dihalaman kelas dengan berbagai macam sampah yang telah dikumpulkan. Penjelasan yang saya sampaikan didalam kelas saya ulangi sekali lagi, tentunya dengan media nyata yang baru saja mereka kumpulkan. setelah saya memberi contoh, saya membagi mereka menjadi beberapa kelompok kecil, saya minta mereka mengklasifikasikan /memilah antara sampah organik dan sampah anorganik. ternyata mereka sangat antusias dan mereka telah berhasil memilah sampah sampah tersebut.

Dari kegiatan diatas dapat saya simpulkan bahwa:

  • Sebagai guru kita harus berani melakukan perubahan, meskipun perubahan itu hanya kecil namun dapat diyakini bahwa dengan adanya perubahan kecil inilah akan ada perubahan yang lebih besar.
  • Media pembelajaran yang digunakan harus menyesuaikan dengan usia siswa.
  • pemanfaatan lingkungan sekitar yang sejak dini sudah dekat dengan siswa sangatlah membantu tercapainya yujuan pembelajaran.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top