Matematika masih menjadi mata pelajaran yang tidak disukai oleh sebagian besar peserta didik. Ketika ditanyakan kepada peserta didik untuk mendeskripsikan matematika dalam satu kata, jawaban seperti sulit, takut, pusing, horror, seram, dan hitungan menjadi jawaban yang paling banyak diutarakan. Berdasarkan jawaban-jawaban itu, bisa dilihat jika sebagian besar peserta didik tidak menyukai matematika dan menganggap jika matematika adalah mata pelajaran yang sulit bahkan juga takut dengan pelajaran matematika.
Padahal mindset seperti ini jutrsu akan membuat para peserta didik lebih sulit dalam belajar matematika. Meyakinkan dan membangun keyakinan diri bahwa matematika itu dapat dipahami dan bisa menyenangkan menjadi tantangan tersendiri bagi seorang pendidik. Menciptakan suasana belajar yang santai tetapi serius, yang menyenangkan tetapi tetap mendidik dan komunikatif tetapi tetap kondusif menjadi hal yang harus dipikiran oleh pendidik agar tujuan pembelajaran yang telah disusun dapat tercapai dan terlaksana dengan baik. Semakin dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, pendidik juga dituntut untuk dapat memanfaatkan perkembangan teknologi ini dalam pembelajaran. Pemanfaatan teknologi ini dapat menjadi salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk membangun kelas agar tidak monoton dan bisa menyenangkan.
Berbagai software dan aplikasi pembelajaran banyak bermunculan seperti Google Form, Quizizz, Kahoot, Quizlet dan lain sebagainya. Software-software berbasis kuis ini sangat mudah penggunaannya sehingga mudah dipelajari oleh para pendidik. Salah satu yang sangat menyenangkan untuk digunakan dalam pembelajaran adalah Quizizz. Quizizz adalah salah satu website yang dapat digunakan untuk membuat materi pembelajaran dan kuis yang menarik dan interaktif. Melaui Quizizz pendidik dapat membuat kuis maupun penilaian harian dengan menyenangkan. Quizizz menyediakan beberapa jenis soal mulai dari pilihan ganda, jawaban singkat, menjodohkan dan lain sebagainya. Quizizz juga menyediakan gambar-gambar, warna yang menarik dan musik yang menyenangkan. Pada pembelajaran matematika, Quizizz digunakan disetiap kahir pembelajaran sebagai kuis akhir untuk menilai apakah pembelajaran pada hari itu sudah dipahami atau belum oleh peserta didik. Peserta didik lebih antusias dalam menyelesaikan kuis dibandingkan dengan kertas biasa yang dituliskan. Peserta didik berlomba-lomba untuk menjadi yang paling baik karena chart live kuis ditampilan di papan tulis menggunakan proyektor.
Jika ditanya, banyak peserta didik yang lebih suka menggunakan Quizizz dibandingkan dengan kuis kertas biasa. Penggunaan Quizizz ini semakin terbiasa dibandingkan dengan penggunaan di awal pandemi. Peserta didik juga sudah terbiasa dengan Quizizz dan lancar dalam penggunaannya. Pemahaman peserta didik juga mudah untuk dilihat dan dikelompokan dengan pelaporan hasil yang disajikan dari Quizizz. Pendidik lebih mudah untuk menentukan strategi lanjutan dalam pembelajaran beradasrakan hasil Quizizz yang bisa didownload dalam format excell. Mengikuti perkembangan teknologi dan membuat pembelajaran yang menyenangkan menjadi hal yang tidak sulit untuk dilakukan lagi.