Kampus Pemimpin Merdeka

Kampus Pemimpin Merdeka
Memposting • 2022-06-09 15:08:56 Kategori : Liputan
Bupati Maryoto Terima Audiensi Yayasan Guru Belajar, Akui #TerusBelajar Tingkatkan Kompetensi Guru

Ketua Yayasan Guru Belajar (YGB), Bukik Setiawan, melakukan audiensi kepada Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo, pada hari Rabu (23/02/2022). Maryoto didampingi oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kabid Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan, Hariyo Dewanto dan M. Ardian Candra.

Pertemuan tersebut merupakan upaya YGB untuk mempererat relasi pasca diadakannya program #TerusBelajar di Kabupaten Tulungagung  sejak Agustus 2021. #TerusBelajar merupakan program Kampus Pemimpin Merdeka sebagai salah satu unit kerja YGB,  di lima kabupaten di Jawa Timur. Program yang bertujuan memulihkan pembelajaran dari learning loss akibat pandemi ini diprakarsai bersama NusantaRun.

“Total ada 400an pendidik yang diwisuda atau sudah berhasil menyelesaikan #TerusBelajar. Meskipun baru pertama kali dan bukan program dari pemerintah, Alhamdulillah, sudah ramai yang ikut,” ungkap Bukik.

Ia berharap, YGB, Lintas Daerah Belajar, dan pemerintah daerah Tulungagung dapat menjajaki kemungkinan kerjasama yang lebih. Pasalnya, isu pendidikan di Indonesia saat ini tidak hanya berkaitan dengan learning loss, namun juga asesmen nasional dan penerapan kurikulum merdeka.

Terlebih usai ujian nasional ditiadakan, ada perubahan indikator ketercapaian kinerja pendidikan. Bukik mengatakan pemerintah daerah merupakan pihak yang akan paling terdampak dengan perubahan tersebut. 

Menanggapi ajakan Bukik, Maryoto menyambut apa yang dilakukan YGB di Tulungagung. #TerusBelajar selaras dengan poin pertama dari lima program utama pembangunan nasional yakni pembangunan manusia. Maryoto melihat program tersebut akan membantu pendidik di Tulungagung untuk dapat meningkatkan kompetensinya.

Guru saat ini setidaknya harus dibekali oleh dua hal, yakni vaksin dan kompetensi untuk mengajar di masa pandemi. Sehingga saat daring maupun luring, pembelajaran tetap dapat diterima dengan baik oleh murid.

“Berbicara pendidikan memang harus mengalami perubahan dan pembaruan. Terlebih saat ini ada COVID-19. Cluster sekolah adalah yang paling banyak. Kalau sistemnya tidak berubah ya susah,” tukasnya.

Maryoto mengucapkan terima kasih pada YGB yang membawa program #TerusBelajar di daerahnya. Ia terbuka pada setiap program yang mendukung kemajuan pendidikan di Tulungagung.

“Education is power. Jadi apa pun yang terbaik untuk pendidikan, saya welcome,” pungkasnya. (YMH)

Topik : Guru Merdeka Belajar

1 Orang menyukai cerita ini
 
Leave a Comment:
Eko Suprapto

Mantap, siap mendukung program YGB