Bertahan Untuk Tetap Belajar Demi Kemajuan Pendidikan Kabupaten Maros

Temu Pendidik Nusantara (TPN) adalah istilah yang tentunya sudah tidak asing lagi bagi para pendidik di seluruh nusantara. Temu Pendidik Nusantara (TPN) 9 merupakan konferensi pendidikan yang mempersatukan guru, manajemen sekolah, dan semua pemangku kepentingan  ekosistem pendidikan dalam skala nasional dan internasional, untuk mengekspresikan kemerdekaan belajar, mengembangkan kompetensi, menganalisis kolaborasi dan membangun karier.

Kegiatan Temu Pendidik Nusantara (TPN) menghadirkan 2000 Pembicara menemani belajar 30.000 guru dan pemimpin  pendidikan  dari 155  daerah  di 20  Negara. Adapun  sebagai langkah awal Temu  Pendidik  Nusantara  (TPN)  akan  diadakan  di  50  Daerah  kabupaten/kota  di Indonesia pada bulan Juli-Agustus 2022 termasuk Kabupaten Maros sebagai salah satu penyelenggara TPN di Daerah yang diisi oleh 16 pembicara 6 diantaranya pembicara kelas kemerdekaan, 10 diantaranya pembicara kelas kompetensi.

Terkhusus di Kabupaten Maros kegiatan ini sudah berlangsung sejak tahun 2021 dan tahun ini merupakan kali kedua Temu Pendidik Nusantara Daerah (TPND) dilaksanakan secara meriah pada hari Minggu, tanggal 28 Agustus 2022 di Ruang Pola Bupati Maros, Kabupaten Maros. Dalam acara Temu Pendidik Nusantara Daerah (TPND) 9 Kabupaten Maros kali ini melibatkan Guru, Kepala Sekolah dan Dosen sebagai pembicara di kelas kemerdekaan (AKEM), kelas Kompetensi (AKOM), beberapa diantaranya teman-teman pendidik dari Komunitas Guru Belajar Nusantara Makassar. Selain pembicara terdaftar lebih dari 323 peserta dari berbagai unsur guru, kepala sekolah, dan pengawas, dari berbagai jenjang PAUD, SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/SMK/MA di Kabupaten Maros yang antusias mengikuti kegiatan Temu Pendidik Nusantara Daerah (TPND) ke-9 Komunitas Guru Belajar Nusantara (KGBN), dengan satu tujuan belajar bersama bergerak untuk berdampak.

Ditemui secara terpisah Bapak Muhammad Takdir selaku koordinator acara sekaligus Ketua KGBN Kabupaten Maros mengatakan bahwa “TPN merupakan kegiatan untuk guru – guru dalam hal berbagi praktik baik yang telah diterapkan guru di sekolah sehingga dengan adanya kegiatan ini menjadi referensi bagi guru lainnya untuk mengimplementasikan hal terbaik yang akan dilakukan di sekolah masing-masing”  tegas Muhammad Takdir. 

Sebelum rangkaian acara TPN 9 dilaksanakan, kegiatan selanjutnya diawali dengan pendaftaran ulang, pemilihan kelas, dan pembukaan sekaligus sambutan Bapak Bupati Maros yang diwakili Ir. H. Abdul Salam, MM,. Beliau menyambut baik kegiatan TPN dan mengapresiasi komunitas yang sangat memberi manfaat terutama bagi guru-guru di Kabupaten Maros. Kemudian dilanjutkan sambutan Bapak Kadisdik Kabupaten Maros yang diwakili oleh Bapak Jamaluddin, S.Pd,. M.Pd, dalam sambutannya beliau nmengatakan sangat mengapresiasi kegiatan ini yang awalnya tidak pernah menyangka antusias peserta dalam  mengikuti TPND.

Dalam kesempatan yang sama dihadiri oleh ibu Devy Mariyatul Ystykomah selaku wakil Ketua Umum Komunitas Guru Belajar Nusantara yang tidak sempat hadir karena suatu lain hal, beliau didampingi oleh Bapak Nur Kholis Makki sebagai pendamping  TPND 9, setelah itu dilanjutkan dengan kegiatan belajar di semua kelas AKEM dan AKOM. Adapun materi yang disampaikan pembicara sangat beragam mulai dari berbagi praktik baik secara klasikal sampai materi yang terkait dengan Kurikulum Merdeka seperti ; Asesmen Diagnosis untuk Mengenali Murid, Menerjemahkan CP dan ATP untuk Pembelajaran Kontekstual, Kurikulum Merdeka Belajar, Strategi Literasi Merdeka Belajar, Pengembangan Kompetensi Pembelajaran Guru Merdeka Belajar, dan Strategi Pelibatan Orang Tua di Sekolah. Berikut ke 17 pembicara dengan tema masing-masing, diantaranya:

Kelas Kemerdekaan

Kelas Kompetensi

Para peserta TPND diberi kebebasan memilih kelas sesuai dengan kebutuhannya. Dalam kegiatan terjadi interaksi berupa tanya jawab dan pada akhir sesi diarahkan menuliskan refleksi. Berawal dari refleksi inilah peserta diharapkan mampu mengimplementasikan ke sekolah masing-masing baik kepada peserta didik maupun rekan sejawat. Antusiasme para peserta tidak sampai di akhir TPND 9 saja, rasa ingin tahu mereka akan Kurikulum Merdeka membuat mereka tetap bertahan untuk tetap belajar demi kemajuan pendidikan di Kabupaten Maros.

Penasaran ingin ikut serta dalam TPN 9? Buruan daftar di 💪Ikuti terus IG @temupendidiknusantara dan  @kgbnmaros, Ikuti juga kanal youtube KGBN MAROS. Sampai bertemu di TPN 10 salam merdeka belajar.

#kgbnmaros

#kurikulumyangmemberdayakankonteks 

#belajarditpn9

#bergerakuntukberdampak

#2000Pembicara

#merdekabelajar

#merdekabelajarkampusmerdeka

#gurubelajarmaros

#gurumerdekabelajar

#kampusgurucikal

#sekolahmerdekabelajar

#gurumerdekabelajar

#gurubelajardikulumdeku

#gurubelajardanberbagi

#gurubelajaros #maroshits #apakabarmaros #pendidikanmaros #

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top